Gusi Bengkak mengundang stroke

Pernah kah kalian mengalami pembengkakan pada gusi apa lagi sampai berdarah? Awas hati – hati cepat periksa ke dokter gigi,jika terjadi terus menerus akan bahaya , kenapa memangnya dengan gusi yang bengkak? Gusi yang bengkak, merah dan berdarah bisa meradang – dalam bahasa medis dikenal periodontitis – dan mengundang datangnya penyakit stroke, nah loh?bahaya kan, biasanya sering terjadi oleh orang tua dan anak – anak yang di bawah usia 10 tahun.


Menurut penelitian yang mengenai hubungan penyakit gusi dan meningkatnya resiko stroke di sebabkan oleh gangguan fungsi otak karena suplai darah ke otak terganggu, menurut Dr.Tiejian Wu dari Universitas New York bersama koleganya dalam penilitaiannya pada tahun 1970-an hingga 1922, yang melibatkan hampir 10 ribu partisipan warga dewasa AS, yang hasilnya di laporkan dalam Archives Of Internal Medicine 2000 terbaru, periodontitis punya kaitan dengan meningkatnya resiko serangan otak bagi berusia 21 tahun ke atas.


Menurut Tiejian, gusi yang mula – mula bengkak dan mudah berdarah, bila tidak cepat di obati, lama – kelamaan akan merontokan tulang atau jaringan gigi, ini semua ulah bakteri dan juga ulah kita sendiri yang malas untuk gosok gigi, dan efek lain dari bakteri juga dapat merusak lapisan pembuluh darah, hal itu lah yang dapat meningkatkan resiko terserang stroke.

11 komentar:

azwinner said...

wah ngeri juga y...
makasih info nya.....
berguna bgt

che_3z said...

wuihh,,cuma gara2 gusi bengkak doang bisa stroke.
Semoga gusi gw dan kalian2 gak pada bengkak..:)

INFO NIAGA MOJOKERTO said...

bisa jadi tuh....saya setuju juga....

Ifat said...

azwinner : sama2 mba atau maz

che_3z : amin..ayo...jangan malas buat gosok gigi aja

sarah said...

ih ngeri juga yah kalo dibiarin trus ....jd takut nih, tapi yg ada hubnya dg gigi mang amit2 deh kalo lg sakit....jg sampe deh, mending sakit hati deh kynya huehehehe

Agil said...

bisa jadi, gingifitis tuh ya kalo ga salah namanya. karena kan syaraf-syaraf gusi ama gigi tuh katanya nyambung ke mata ma otak juga katanya, coba deh kalo mata pegel pasti pusing juga kan. nah kali emang bisa juga menjadi penyebab stroke. ci ileh so pinter ya. hiihihiii

zener_lie said...

gusi bengkak???? selama ini sih paling sariawan :) :) :)

Ifat said...

sarah : kyknya iya dech mba, mendingan sakit hati, tapi fat lom pernah ngerasain sakit gigi, klo sakit hati udah sering, heheheh

Agil : iya juga maz, makanya kita klo di depen kompi juga minimal 5 minit sekali mejamin mata

zener_lie : sama, klo sariawan sering banget

budiawanhutasoit said...

betul tuh..apalagi kalo giginya berlubang.
malah bisa kena ke jantung, ginjal, hati, dan lainnya.
makanya gigi kudu dirawat deh..

thanks untuk informasinya

bdh said...

gusi bengkak, dompet kempes, perut kosong, komplit deh :-)

selamat beraktifitas ya...

Kepingan Hati said...

Thanks untuk postingan kesehatannya..,
Bermanfaat neh...

Post a Comment

 

Mom Blog Published @ 2014 by Ipietoon