11 Tips Mencari Ide Bahan Posting Blog

Blog Post Idea "Penyakit" umum yang dialami para blogger adalah semangat membuat blog diawal tapi lambat laun merasa jenuh atau bingung dalam menentukan tema apalagi yang akan diangkat diblognya.

Padahal semua itu tidaklah sulit. Karena Blog adalah catatan pribadi, bukan jurnal ilmiah yang mensyaratkan ketentuan-ketentuan baku yang super njlimet. Sehingga apapun dapat kita angkat sebagai bahan tulisan (posting) di blog, asal ada kemauan.

Nah, berikut ini 11 Tips Mencari Ide Bahan Posting Blog, yang diadaptasi dari tulisan mas Enda Nasution, supaya kamu tidak perlu pusing-pusing lagi. Selamat menyimak ;)


1. Kejadian Yang Kamu Alami
Mayoritas pengunjung blog akan tertarik membaca tulisan orisinil dari si empunya blog. Karena pengalaman yang dituliskan tidak akan dapat dijumpai di tempat lain. Mulai saja dari hal-hal yang sederhana seperti:
"Gak nyangka! Tadi sewaktu makan siang tiba-tiba aku dikagetkan oleh seseorang yang tampaknya pernah aku kenal. Eh..ternyata dia sahabat lamaku yang udah lama ga ketemu sejak 10 tahun yang lalu!!"

2. Sesuatu Yang Kamu Suka
Coba posting tentang hal-hal yang kamu suka. Buat suatu daftar tentang apa saja yang kamu suka dan bahas satu persatu untuk setiap postingan, kenapa kamu suka dan apa yang membuat kamu suka.
"Aku suka sama cowok yang bukan cuma bisa nyalahin pasangannya tapi bantu setiap kesulitan yang dihadapi secara bersama-sama."

3. Sesuatu Yang Kamu Tidak Suka
Tentu saja kebalikan dari tips nomer 2 diatas dong ya. Coba buat daftar hal-hal yang kamu benci dan kenapa kamu membencinya. Satu kebencian untuk setiap posting.
"Bete! Bete! Bete! Kenapa sih dia ga pernah ngerti perasaan aku!!"

4. Sesuatu Yang Kamu Tahu
Menulislah tentang hal-hal yang kamu tahu. Hal-hal sepele pun bisa menjadi bahan postingan.
"Cowok itu macho bukan karena ototnya. Tapi tanggung jawab dia pada sekitarnya. Keluarga, istri, anak-anak, orangtua, dan lingkungannya. Semua itu sudah aku dapatkan dalam diri suamiku :)"

5. Sesuatu Yang Kamu Baru Tahu
Ini akan menjadi tulisan yang cukup menarik buat pembaca blog kamu. Setidaknya bagi mereka yang belum tahu akan merasakan antusiasme yang sama dengan kamu saat mengetahui hal baru tersebut.
"Eh, ternyata aku baru tahu bahwa suamiku selain ganteng juga pandai memasak lho! Aku makin sayang deh sama dia.."

6. Sesuatu Yang Kamu Tidak Tahu
Kamu juga bisa membuat sebuah daftar tentang hal-hal yang kamu tidak tahu. Ini juga bisa menjadi bahan postingan yang menarik. Manfaatkan reaksi dari pengunjung blog kamu untuk mendapatkan jawabannya. Blog, juga bisa menjadi arena diskusi yang menarik.
"Duh! Sumpah bingung nih jadinya mau jawab apa kalo ditodong ortu pertanyaan, 'Kapan nikah?' Girls, please help me!"

7. Sesuatu Yang Kamu Ingin Tahu
Mirip tip diatas, kenapa tidak kamu tanyakan sebagai postingan, mungkin pembaca kamu bisa membantu.
"Kalo tata cara pernikahan menurut Islam yang benar itu seperti apa sih? Kasih tau aku dong.."

8. Sesuatu Yang Kamu Tidak Ingin Tahu
Atau sebutkan juga hal-hal yang kamu tidak ingin tahu.
"Setiap orang punya masa lalu bukan? Lalu untuk apa aku perlu tahu tentang masa lalunya?"

9. Sesuatu Yang Ingin Kamu Lupakan
Dan kenapa tidak kamu posting tentang hal-hal yang ingin kamu lupakan? Dan kenapa kamu ingin melupakannya.
"Sudahlah, semua sudah terlanjur terjadi. Tidak ada gunanya dibahas lagi. Sekarang, hanya ada kita berdua, dan jalan panjang ke depan. Maukah kau menitinya bersamaku?"

10. Sesuatu Yang Ingin Kamu Kerjakan
Atau, kamu bisa juga posting tentang rencana-rencana kamu di masa depan.
"Tidak! Aku tak minta apapun darimu. Aku hanya ingin duduk bersamamu, di tepi pantai itu. Merona dalam diam."

11. Sesuatu Yang Kamu Karang
Kalau terlalu sulit menuliskan fakta, maka tip terakhir adalah biarkan imajinasi khayalmu terbang bebas. Inilah saat dimana tidak ada batas antara pikiran dengan ruang posting blog. Tulis apa saja yang ingin kamu tulis. Biarkan jemarimu yang menari diatas keyboard.

Demikianlah 11 Tips Mencari Ide Bahan Posting Blog. Mudah bukan? Semoga bermanfaat ;)

0 komentar:

Post a Comment

 

Mom Blog Published @ 2014 by Ipietoon