Bukan Hanya Kartini...

Pahlawan Wanita Indonesia

Kultwit bagus dari Mbak Helvy Tiana Rosa tentang "Kartini" di Twitter lewat accountnya, @helvy, semoga mencerahkan....
1. Tanpa mengurangi respek saya terhadap #kartini kita tidak boleh mentok hanya padanya. Banyak perempuan nusantara yg lebih dahsyat lho! :)

2. Saya setuju dengan Prof. Harsya W. Bachtiar yang 'menggugat' campur tangan Snouck Hugronje, Abendanon dalam memunculkan #kartini sebagai tokoh. Mengapa?

3. Kita tahu #kartini baik, cerdas. Ia resah dengan keberadaan kaum perempuan, mengupayakan pendidikan, menulis surat-surat yang dibukukan Abendanon.

4. Tapi dimana ya kisah #kartini menentang penjajah Belanda seperti Safiatuddin, Cut Nyak Dhin, Rohana Kudus, Rasuna Said, Martha Tiahahu dll?

5. Yang terekspos adalah persahabatannya dengan orang-orang Belanda. Bandingkan dengan tokoh-tokoh perempuan pahlawan lain yang seabreg dilahirkan di tanah ini. #kartini

6. #Safiatuddin misalnya, sultanah Aceh: cerdas, kirim tokoh-tokoh Aceh belajar jauh, bikin 40 UU tentang keberadaan perempuan di parlemen #kartini

7. Pada masanya Aceh makmur, hingga zakat dari rakyat Aceh dibawa sampai ke Mekkah oleh ulama mekkah Yusuf Al-Qodri #safiatuddin #kartini

8. #Keumalahayati laksamana perempuan dengan armada terbesar di dunia, ahli perundingan dan strategi, ia bunuh Cornelis De Houtman di atas kapalnya. #kartini

 9. #RohanaKudus: pelopor jurnalis perempuan, sastrawan, buat sekolah, radio di Padang, selundupkan senjata untuk pejuang diantara sayur-sayuran. #kartini

10. #RohanaKudus lebih banyak menulis daripada #kartini, juga concern pada pendidikan kaumnya. Banyak lagi perempuan hebat lainnya. #kartini

11. #ChristinaMarthaTiahahu dan #EmmySaelan contoh nyata bagaimana kecerdasan, keteguhan dan kebencian pada penjajahan berpadu. #kartini

 12. #EmmySaelan pilih meledakkan granat di tangannya diantara serbuan pasukan Belanda saat tinggal ia sendiri yang hidup. Pasukan Belanda banyak yang tewas. #kartini

13. Pokoknya terlalu banyak tokoh perempuan yang dahsyat sebelum maupun sesudah #kartini. Karena itu meski Kartini berjasa ia jadi terkesan 'biasa'.

14. Kita tahu siapa Snouck Hugronje, siapa Abendanon. Merek "memilih" Kartini padahal mereka tahu banyak tokoh lain yang lebih istimewa. #kartini

16. Jadi mengapa kita 'membiarkan' Belanda menyetting kita soal siapa tokoh perempuan kita harus kita teladani? Saya kira #kartini pun sedih :'(

17. Saya menulis puisi 'Perjumpaan dgn Kartini' tentang apa yang saya twit ini. Saya sangat hormat padanya tapi kita harus kritis. #kartini

18. Saya pamit dulu. Motor yang jemput naik ke puncak sudah datang. Saya isi acara @bengsas dulu. Mohon maaf atas kekurangan saya. Luv u ibu #kartini

0 komentar:

Post a Comment

 

My Family Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design