Menumbuhkan Kebiasaan Membaca pada Anak

Orang yang hari ini lebih jelek dari hari kemaren merupakan orang yang celaka. Orang yang hari ini sama dengan hari kemarin merupakan orang yang merugi. Dan, orang yang hari ini lebih baik dibandingkan dengan hari kemarin merupakan orang yang beruntung. Dalam menjalani kehidupan harus ada kemajuan.


Buku gudanganya ilmu dan membaca adalah kuncinya, Kegiatan membaca ini diperintahkan oleh Allah SWT sebagai firmanNya :


Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan, Dia telah Memciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, Tuhanmulah Yang Paling Pemurah, Yang Mengajarkan (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang di ketahuinya.”(QS, 96: 1 -5)

Mengingat pentingnya membaca, maka membaca harus ditumbuhkan sejak dini. Artinya, mulai kanak – kanak harus dibiasakan untuk membaca. Buku merupakan jendela informasi dunia. Dengan membaca dapat memahami sesuatu yang sebelumnya tidak di ketahui.


Untuk menumbuhkan kebiasan membaca pada anak dapat di lakukukan dengan berbagai cara, yaitu :

Pertama, memperlihatkan buku bergambar, supaya anak tertarik untuk membaca, perilahatkan buku yang banyak ganbarnya dan yang penuh dengan aneka warna. Dengan seringnya melihat buku atai majalah yang menarik, lama kelamaan akan tertarik untuk membaca seiring dengan kemampuannya untuk membaca.


Kedua, membacakan buku. Bagi anak yang belumbisa membaca, orang tua hendaknya membacakan buku untuk anak. Buku yang dibaca yaitu buku cerita yang dekat dengan kehidupan anak sendiri. Bahasanya sederhana dan mudah dipahami.


Ketiga, teladan orang tua. Perbuatan anak pada awalnya berdasarkan imitasi, contoh atau teladan. Apa yang dilakukan anak banyak yang berdasarkan imitasi atau peniruan dari orang tuanya. Karena, anak senang meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Dengan demikian, orang tua harus menjadi dan anutan pembaca yang baik.


Keempat, perhatikan minatnya. Untuk mengetahui minat anak terhadap suatu buku, orang tua bias membawa ank ke toko buku atau perpustakaan. Beri kesempatan kepada anak untuk memilih buku kesukaannya. Buku yang disukai akan mendorong anak untuk membacanya. Menyukai buku merupakan awal tumbuhnya minat baca dikalangan anak.


Kelima, beri buku yang bervariasi. Agar anak tidak merasa bosan/ jenuh dalam membaca buku. Bisa juga disediakan aneka majalah/ cerita sebagai selingan. Selain itu menghindari kejenuhan, variasi bacaan akan menambah luas ilmu pengetahuan dari berbagai sumber bacaan.


Akhirnya dengan tumbunya kebiasaan membaca pada anak diharapkan setelah dewasa nanti menjadi manusia pembelajar. Manusia yang haus akan ilmu sehingga bersemangat untuk menuntut ilmu(membaca) pada setiap kesempatan. Membaca dan mencari ilmu tidak ada batasan umur.

3 komentar:

Bunda Rierie said...

wah..anak bunda juga bunda kasih tips2 diatas... biar suka baca... sekarang dia suka baca ceritanya buncil..ha.ha.

mybiz said...

kayaknya ifat dah pantes tuh jadi bunda...

Afif Amrullah said...

keenam,jauhkan anak anda dari buku2 yang berbau pornografi.
hehehe, tu tips yg ke enam :D

Post a Comment

 

Mom Blog Published @ 2014 by Ipietoon