Belajar Menghadapi Bos dari Anak Usia 4 Tahun


Kemahiran kita menghadapi atasan atau rekan kerja memang ikut menentukan kelancaran pekerjaan, bahkan kesuksesan karir. Selain lewat buku-buku manajemen atau kelas training, ternyata kita bisa, mendapat ilmu cara membina hubungan dengan atasan dari perilaku anak usia 4 tahun.

1. Belajar menolak dengan halus

Saat si 4 tahun tak mau disuruh melakukan sesuatu, ia akan tersenyum penuh arti sambil memandang langsung ke mata. Bahasa tubuhnya ini menyimpan pesan, "maaf aku mengecewakan bunda". Kadangkala, si kecil juga sudah bisa menolak sambil mengatakan, "tidak, terima kasih."

Pertama, kata "maaf, terima kasih", adalah ungkapan yang sopan. Kedua, bahasa tubuh yang dipakai serta ekspresi wajah yang ditunjukkan sangat halus dan tidak menampilkan adanya konfrontasi. Dengan cara halus seperti itu, siapa pun tak akan memberikan respon yang negatif.

2. Tak mudah menyerah


Anak-anak punya semangat pantang menyerah dan gigih memperjuangkan sesuatu yang mereka inginkan. Bila permintaanya di tolak, ia akan bertanya apa alasannya, dan berusaha menerima penjelasan. Tapi, di lain kesempatan ia akan mengulangi lagi permintaannya.

Anda juga bisa punya semangat pantang menyerah dan kemauan untuk menerima penjelasan dengan hati lapang. Temukan motivasi dari dalam diri sendiri agar Anda tidak cepat menyerah bila menemui masalah di tempat kerja.

3. Senang bereksplorasi


Anak-anak di usia ini masih senang mengeksplorasi lingkungannya dan mencoba melakukan sesuatu yang baru. Meski begitu, anak usia ini juga masih sering minta persetujuan orangtuanya. Belajar dari si 4 tahun, kembangkan rasa percaya diri Anda untuk menerima setiap tantangan sebagai kesempatan untuk unjuk gigi.




Sumber : careerbuilder, kompas.com






9 komentar:

arylangga said...

saya ingin memberikan anda 1 ticket free untuk seminar leadership, untuk download undangan silahkan liat : http://arylangga.blogspot.com.
untuk registrasi : melalui tlp : 021-429 00070 atas nama erna atau kirim sms ke : 0888 426 0063 , ketik : nama, sesi 1/2

Ifat said...

:: arylangga :: wah di JKT ya jauh banget, knp gk dserang..seminar apa nih

awan_clickerz said...

4 taun ya...wua..malu akuh'
menghadapi bos memang kudu punay kiat ekstra..
Yup !

gratisan said...

Woh ... kuerren artikelnya ... siapa yang bikin yah ??? btw ganti lagi nih templatenya ???

bhagoezt said...

cocok banget nich buat para pegawai agar disayang bos nya... btw boleh tukeran link ga'? kalo link nya situ dah masuk tuch di blog ku... cek dulu juga gpp... lam kenal..

Panda said...

tipsnya oke mbak, kantongin yah :)

Deta said...

fat.......

terapin juga tuh....


wkkwkkw....

*kaboooooorrr..*

gratisan said...

mampir lagi ... di baca lagi biar ngerti ,,, :)

david said...

Pelajaran tw ama yg tua...kwek...kwek...

Post a Comment

 

Mom Blog Published @ 2014 by Ipietoon