::: Mengajari Anak Sopan Santun :::



Perlukah anak diajarkan sopan santun??? Pasti bagi anda orang tua ingin sekali anak anda sopan kesiapapun. Ingin tahu bagaimana caranya?


1. Jadikan diri Anda sebagai model. Masa anak-anak merupakan masa imitasi. Setiap perilaku orangtua ditiru anak. Bila Anda berbicara dengan mulut penuh makanan, besar kemungkinan anak Anda juga melakukan hal yang sama.

2. Sampaikan apa yang Anda inginkan dari anak. Misalnya, dalam perjalanan ke kesekolah jelaskan, "Ibu harap, disekolah jangan nakal ya."

3. Beri pujian. Bila anak telah bersikap sopan, tak ada salahnya memberi pujian. Misalnya jika anak mengucapkan terima kasih pada temannya yang sudah meminjamkan buku, katakan, "Wah, anak ibu yang satu ini memang baik dan sopan."

4. Jangan paksa anak untuk menjadi sempurna. Bila Anda berharap terlalu banyak dari anak, bisa-bisa yang terjadi adalah "perang" dengan anak. Lakukan secara bertahap, sesuai perkembangan anak.

5. Jangan mempermalukan anak. Salah adalah hal biasa. Begitu pula jika anak melakukan kekeliruan yang menurut Anda tidak sopan. Beritahu anak kesalahannya dan katakan apa yang Anda harapkan. Jangan langsung memarahi atau mempermalukannya di depan orang lain.

12 komentar:

Masenchipz said...

Dek... kayaknya dah pantes ya.. pantes jadi mamihnya anak2.. he..he.. sopan santun kita sebagai ortu juga bisa jadi refleksi dari untuk membiaskan kasih tak langsung ama ank.. ya.. itung coba jadi ING NGARSO SUNG TULADHA... he..he..

Ifat said...

::Masenchipz :: jadi malu nih, dibilang dah pantas, :)

Qittun said...

Jangan jangan mbak ifat udah punya momongan nih??

xixixiii...

Ifat said...

:: qittun :: hehehe...qittun mba masih 20 thn, usst jangan berisik mba ifat lagi coba deket ma seseorang
hehehe

david said...

kayak dah tua kak ifatnya ngasih cara mengajari anak sopan santun,eh ternyata masih 20 thun...hi...hi...aQ terlanjur panggil ka2k padahal sama gede...(gak nyambung y)

Ifat said...

:: david :: aku juga bingung nih malah ada yang panggil aku mba, sdangkan usianya jauh lbh tua dia
hehehehe.....

Sugi said...

Kunjungan malam,,,,bagus nich Neng Blog nya, lam kenal juga. makasi kunjungan k t4 q yach...

gratisan said...

yoho balik lagi nih ... tipsnya bagus dan bermanfaat bangetsss mbak ... btw ... ada yang spesial buat mbak ifat di sini

acy said...

BETUL buanget :)

iam said...

setuju..jangan nyuruh anaknya sopan..bapaknya sendiri ngomong kasar..

Ifat said...

:: gratisan :: apa tuh, jangan PR yah...heheheh

Alim Mahdi said...

Bagus sekali artikelnya.... Salam kenal ya dari Bali

Post a Comment

 

Mom Blog Published @ 2014 by Ipietoon