Alasan Ilmiah: Kenapa Harus Menyalakan Lampu Kendaraan di Siang Hari

Lampu Motor di Siang Hari Beberapa waktu lalu pemerintah mengeluarkan peraturan lalu lintas yang cukup kontroversial, yakni mewajibkan para pengendara bermotor menyalakan lampu utama kendaraan mereka di siang hari.

Tentu saja, hal ini memancing pro dan kontra masyarakat pengguna jalan. Yang pro beragumentasi demi menghindari kecelakaan dan yang kontra juga tak kalah sengitnya mempertanyakan rasionalitas dari penerapan aturan tersebut hingga masalah pemborosan bahan bakar kendaraan mereka.

Tapi sebenarnya, kita bisa lho melihat hal ini dari kacamata ilmiah. Mau tau alasan ilmiah kenapa harus menyalakan lampu kendaraan di siang hari? Yuk simak deh penjelasan berikut ini:


Sebenarnya hal ini pelajaran dasar yang kita sudah dapatkan sejak di bangku SMP. Coba diingat lagi dan jawab pertanyaan ini: "Berapa kecepatan cahaya dan kecepatan suara?"

Baiklah, kalo lupa ifat ingatkan yaa :p

Cahaya memiliki kecepatan:
300.000 km/detik = 1.080.000.000 km/jam

Sedangkan kecepatan suara hanya:
344 m/detik = 1238 km/jam

Nah, jauh sekali bukan bedanya? Ini berarti saat kita menyalakan lampu kendaraan walau terang hari, akan segera terlihat oleh kendaraan lain yang ada di depan kita melalui kaca spion, ketimbang kita memberikan klakson (suara) kepada mereka.

Secara logis kalau kita mengendarai mobil yang notabene ada di dalam ruangan yang tertutup, suara klakson dari kendaraan lain pasti tidak terlalu terdengar jelas. Apalagi kalau kita termasuk orang yang senang berkendara sambil mendengar musik, misalnya. Wah, tentu lebih sulit mendengar suara klakson dari kendaraan lain, bukan? Hal ini berlaku pula untuk para pengendara motor yang mengenakan helm, dimana sangat rapat menutup kepala kita termasuk lubang telinga.

Demikian sedikit penjelasan dari argumentasi ilmiah mengenai alasan mengapa kita harus menyalakan lampu kendaraan di siang hari. Semoga bermanfaat and keep safety riding! ;)

0 komentar:

Post a Comment

 

Mom Blog Published @ 2014 by Ipietoon